Segala Sesuatu Tergantung Niatnya

Segala Sesuatu Tergantung Niatnya

Bismillahirrohmanirrohim..

Segala sesuatu itu tergantung niatnya yah ? benarkah ? wah ternyata benar pake banget *hehe, saya akan berbagi pengalaman pribadi saya tentang kebenaran hadits ini.

Pagi itu, hari jum’at tanggal 24 januari 2014, karena saya bergabung dalam grup ODOJ, maka otomatis setiap hari saya membaca satu juz, saat itu jatah saya membaca juz 15, entah apa yang membuat saya menjadi seperti ini, saya sedikit bergumam pagi itu, ‘sekarang hari jum’at yah ? bagusnya sih baca surah Al Kahfi, tapi males ah kepanjangan” sambil berlalu menatap layar monitor.

Dan karena kesibukan ditempat kerja, hari jum’at itu saya hanya sempat membaca 1 lembar, yang kemudian saya niatkan untuk melanjutkannya dirumah bada maghrib, singkat cerita jadilah saya sampai dirumah, melaksanakan sholat maghrib dan bersegera melanjutkan tilawah, dan entah gerangan apa, tiba-tiba saya malah main kerumah nenek (depan rumah), ini agak aneh, biasanya jika sudah maghrib saya akan malas kemana-mana, apalagi harus keluar rumah.

Saat itu niat saya ingin melanjutkan tilawah tetap ada, saya pun meminjam Alqur’an besar pada encing saya, dan kemudian membaca dengan syahdu surat cintaNya, agak aneh, di lembar ke-4 tiba-tiba saya tersadar, wah saya ini salah baca juz, seharusnya saya membaca juz 15, tetapi yang saya baca adalah juz 14, mulai kesal karena fikir saya, waktunya sudah mulai malam, tetapi saya belum kholas juga.

dengan sabar saya memulai kembali tilawah, dan saya sangat yakin juz yang saya baca adalah juz 15, dan kemudian dilembar ke-3 atau ke-4 saya lupa, kembali saya tersadar, ini bukan juz 15, yang saya baca justru malah juz 7, kesal saya agak memuncak, bukan karena marah atau apa, karena saya sangat lelah, waktu sudah menunjukan pukul 07.00, seharusnya saya sudah kholas dan segera lapor ke PJ harian, tetapi saya malah salah baca juz, dan itupun 2x, jika ditotal hitung dari lembaran yang saya baca, seharusnya saya sudah kholas, begitu fikir saya ‘seharusnya saya sudah kholas ni’.

memang di Alqr’an yang saya pinjam ini tidak tercantum dengan jelas juz-juz nya, salah saya tidak mentelaah dengan teliti, sehingga kesalahan pun terjadi, dan akhirnya karena saya kelelahan, saya mengurungkan niat untuk kholas ini, ya saya menunda membacanya dihari sabtu esok, jadi sabtu saya sekaligus membaca dua juz.

saya mencoba berfikir kenapa kejadian ini bisa terjadi, mengingat sudah sebulan ini tilawah saya lancar-lancar saja, dan kemudian betapa kagetnya saya, ketika saya memulai kembali tilawah juz 15 sabtu shubuh, ternyata di juz 15 terdapat surat Al Kahfi, 😦

Saya kembali teringat ucapan saya di jum’at pagi, yang intinya saya tidak ingin membaca surat Al Kahfi, MasyaAllah betapa bodohnya saya berniat seperti itu, Allah mengabulkannya, Allah membuktikan betapa sesuatu itu sesuai dengan niatnya. ya karena saya niat tidak akan membaca surah Al Kahfi jum’at itu, saya menjadi agak aneh, dengan membaca juz yang berbeda dan itu terjadi duakali, sehingga jum’at itu saya tidak tilawah juz 15, dimana ada surah Al Kahfi didalamnya.

Subhanallah, maha suci Allah.. saya kini tersadar memang segala sesuatu itu sesuai dengan niatnya, Jika buruk, maka buruk pula yang didapat, dan jika baik, maka baik pula yang didapat.

Akhir kata, semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s